OS 6 dan Permasalahan Browsernya

No Comments
WOW udah hampir satu semester nggak ada yang baru di BLOG nih... since Nov last year ya? lama banget... ya ya ya banyak urusan pribadi dan kantor mesti direbesin...



anyway, Yes OS 6 akhirnya banyak di release untuk handheld satu generasi sebelum Torch. BlackBerry 9700 a.k.a Onyx, 95xx a.k.a Odyn, 91xx a.k.a Pearl 3G sudah bisa menikmati features hebat dari OS 6 ini. Seperti sudah banyak dibahas dalam kelebihan dan kekurangan dari OS 6 itu sendiri, mulai dari adanya fitur social feed, live search hingga kecepatan untuk mengakses beberapa fitur standard yang sudah ada.

Yup rasanya aneh kalo ada yang baru tapi nggak ada masalah. So, masalah utama apa yang sebenernya terjadi di OS 6 ini?
Browser *untuk menjelajah ke situs* dari Handheld BlackBerry di OS ini mengalami kendala dalam menghubungkan koneksinya. Kesalahan siapa ya? atau apa sih yang salah pada browsernya? Banyak dari kita *yang memakai OS 6* lebih senang menyalahkan si Operator Provider. WHY? karena sinyal dan segala macamnya pasti berhubungan langsung dengan si penyedia jasa ini. Rame juga di Twitter, FB, forums, mailing list dan CS permasalahan ini.

Permasalahan utama pada browser nya adalah tidak bisa membuka akses ke internet meskipun sudah menggunakan paket layanan BlackBerry full service include BIS unlimited browsing. Nah karena hanya browsernya aja yang bermasalah, langsung deh cek browser setting nya. di Browser-klik menu-options- pastikan sudah Internet browser sebagai defaultnya. OK sudah, langsung save. Mari dicoba lagi... Ouwh masih belum bisa juga? hmmmm aneh juga ya??? Balik ke basic layanan BlackBerry di Handheld, *semua layanan - applikasi dan atau fitur lainnya - pasti berhubungan dengan Service Book yang diterima oleh si Handheld. So, let's check service book nya... Options-Advenced options-Service book. Nah disini akan ada 2 (dua) service book untuk browsernya. BlackBerry Internet Browser Service (BIBS) dan BlackBerry Internet browser Service 2 (BIBS2). Jika dibandingkan dengan OS sebelumnya - OS 5 hanya memiliki BIBS saja. Solusinya, coba untuk men - delete BIBS2 saja terlebih dahulu. Sekali lagi ingat paket yang anda pakai ya... Cara delete nya tinggal scroll di BIBS2 nya terus klik menu dan delete. Setelah itu jangan melakukan send service book - SSB. Langsung coba lagi di browser nya. Jika sudah bisa untuk browsing maka PROBLEM SOLVED. Waduh.... masih tidak bisa? nah hal ini masih sedikit polemik. Solusi ke-2 setelah selete BIBS2 tadi, langsung lakukan SSB dan coba kembali.

Kembali lagi, tidak semua provider terjadi hal yang sama untuk kasus ini. Mengapa demikian? Service Book tiap operator memiliki identitas khusus yang sudah ditetapkan oleh RIM dan pihak operator dalam perjanjian mereka pada saat layanan BlackBerry dilaunching.

Semoga bermanfaat ya... C U...
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments