BES - BlackBerry Exchange Server

2 comments

BES - BlackBerry Exchange Server atau sering dikenal dengan paket BlackBerry untuk perusahaan (corporate). Mungkin sebagian dari kita masih asing atau bahkan tidak mengetahui apa sih bedanya dengan paket BlackBerry Internet service - BIS yang sudah kita pakai saat ini. Memang agak menggelitik di negara tercinta kita ini, dimana BIS lebih cepat terkenal dibandingkan dengan BES, padahal layanan BES ini sebenarnya sudah dipakai di beberapa perusahaan Indonesia sejak tahun 2004 yang lalu. Masih ingat seri 7730, 7290 atau 8700 dan 8707 ? yup seri-seri tersebut pada saat itu dijual dengan harga hampir 7 juta rupiah dan harus berlangganan BES di perusahaannya. Mahal? YA, tetapi bandingkan dengan efisiensi yang perusahaan bisa lakukan.

Sekarang apa yang BES punya dan BIS tidak
. Pada prinsipnya BES merupakan paket utama layanan BlackBerry dari RIM namun mempunyai kemampuan sinkronisasi dengan server perusahaan secara realtime dan cepat tanpa merusak sistem pengamanan yang sudah terinstall. Jika anda seorang IT atau sering begelut dengan server dan bahasa sistem mungkin anda akan berkata "ah itu gampang", namun jika anda seorang sales atau marketing bahkan CEO ? pusing? hehehehe pastinya. Begini, bahasa mudahnya untuk BES adalah memudahkan mengorganisasi semua email, calendar, kontak, bahkan membuka aplikasi perusahaan anda seperti SAP dan CRM misalnya hanya dari handheld BlackBerry anda dan tidak harus tipe-tipe terbaru. Anda tidak harus menghidupkan komputer seharian atau harus menutup outlook jika pergi dari kantor hanya untuk update email anda. Cuma segitu? belum.

Bagi seorang IT dan pemimpin perusahaan bisa juga secara langsung melakukan kontrol apa saja yang boleh diakses dan tidak oleh karyawannya. Semisal pada jam kerja tidak boleh bermain Facebook atau Friendster. AMAN - dalam arti meskipun BES ini akan menembus jaringan infrastruktur perusahaan anda, namun firewall dan jejaring pengaman anda tetap tidak terganggu. Bagaimana dengan kemampuan melakukan akses data di komputer anda ketika harus memberi lampiran di email anda? bisa? Tentu bisa. Bagaimana caranya? ok kita ke bagian sedikit tekhnisnya.

BES merupakan software yang akan ditanamkan kedalam server email anda dan otomatis mengakses semua koneksi LAN, IP bahkan sampai data di tiap desktop. Akan ada seorang atau team BES ADMIN, dimana tugasnya selain melakukan pengecekkan berkala juga memberikan otoritas bagi karyawan yang meminta akses pada handheldnya. BES Admin akan melakukan tugasnya berdasar peraturan perusahaan yang telah dibuat. Prosedur yang betele-tele kemudian bos yang galak dan susah? hehehehe sedikit resiko pastinya namun untuk kemajuan dan keamanan perusahaan hal-hal tsb sebenarnya masih dalam kewajaran. Sekarang bayangkan jika semua data dapat diakses oleh seorang karyawan tanpa seijin (dibuka aksesnya) perusahaan dan menjualnya ke perusahaan lain?

Kemudian jika kita seorang karyawan bagaimana cara mendapatkan fasilitas BES tersebut? Pertama aktifkan layanan BES di operator anda. Setelah itu mintalah kode Enterprise Activation - EA pada BES Admin di perusahaan anda bukan kepada customer service operator ya... Pada umumnya kode itu adalah password aktifasinya. Untuk setupnya buka Options-Advanced Options-Enterprise Activation-ketik email anda dan password EA yang diberikan. tekan tombol menu dan ACTIVATE. sudah? ya cukup itu saja yang anda lakukan. Setelah lengkap 100% akan muncul icon email "DESKTOP" yang mengindikasikan email kantor anda.

Untuk segala permasalahan BES bisa langsung ditanyakan kepada BES Admin terlebih dahulu, jika memang dari operator maka BES Admin yang seharusnya menanyakannya ke operator. info detail bisa ke http://id.blackberry.com/services/server/

Syarat pengejuan BES ke operator pada umumnya ada minimum user sampai 20, tetapi saat ini banyak operator lebih memudahkan persyaratannya. Sekarang pilih BIS atau BES? pilihan kembali ke masing-masing kebutuhan anda.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 comments

Unknown mengatakan...

mau tanya nih, kalo server yang dipake pada BES tu ap?? pake linux apakah bisa

Unknown mengatakan...

Dear Afwan,

cek link ini ya http://us.blackberry.com/apps-software/business/server/full/

ada Exchange, IBM Lotus domino sm Novell GroupWise