CARA MEMINDAHKAN KONTAK ANDROID KE IOS

8 comments
Setelah lama tidak mengelus-elus iOS, akhirya kesampaian juga (lagi) untuk lebih dekat lagi dengan iOS. Oh ya Android masih kok di elus-elus, sambil ngarep nunggu update "KUE" baru dari Google official *baca OS baru.

Kembali ke judul, mungkin beberapa pengguna iOS dari Android agak kewalahan memindahkan kontak dari Android ke iOS, apalagi iOS nya sudah kondisi Jailbreak karena membeli bekas, seperti yang saya alami :D. Karena sudah di jailbreak, maka device iOS tidak bisa langsung di wipe atau reset to factory setting. Hal ini (manual reset/wipe) akan berpengaruh pada OS iDevice tersebut yang berujung pada DFU Mode atau re-activate dan restore dengan iTunes. :((



Ada beberapa soulusi untuk hal ini, terutama kontak dari pengguna lama belum di hapus.

1. SIGN OUT semua ACCOUNT

- Coba cek SETTING di iDevice, pada tab iCloud dan Mail, Contacts dan Calendar, sign out dan delete semua akun yang ada. Baik itu Email, Twitter, Facebook atau Apple ID sekalipun. Pastikan semua akun sudah hilang dan sign out. Cek pada aplikasi seperti Email, Facebook, Contacts, App Store, Game Center dan Twitter untuk memastikan semua nya sudah tidak ada akun yang menempel.




2. PASTIKAN Contacts ANDROID Device sudah ter Syncronize dengan Google

- Pastikan semua kontak di Android Device sudah ter sinkroninasi semua dengan akun Google anda yang akan dipakai di iDevice. Cek di Android Device pada SETTING, ACCOUNTS, *pastikan ada Google Account yang aktif, Klik Google account tsb dan pilih email yang dipakai untuk synchronise. Cek apakah tanda "thick" atau "contreng" sudah ada di pilihan Contact.







3. EXPORT Contacts Google ke VCard.vcf for Apple

- Setelah semua langkah diatas dilakukan dan OK, buka lah Gmail di browser laptop, Mac atau PC anda. Pada tampilan INBOX, lihat tulisan Gmail dibawah logo Google yng besar disebelah kiri atas. Klik dan pilih Contacts. Kemudian pilih More pada kotak dibawah search box Gmail tadi dan pilih Export. Akan muncul tampilan atau pilihan format export dan pilihan kontak mana saja yang akan di export. KHUSUS untuk iOS atau iDevice, pilihlah VCard for Apple. Maka akan otomatis di download file .vcf hasil export tadi.






4. Buka iCloud dan import VCard

- Setelah mendapat file VCard.vcf dari Gmail, pastikan lokasi di komputer anda. Buka browser dan ketik https://www.icloud.com/ OK/GO. Login dengan Apple ID anda. Cek di https://appleid.apple.com/cgi-bin/WebObjects/MyAppleId.woa/ untuk Apple ID. Setelah login, pilih Contacts (gambar Buku) pada tampilan iCloud. Pilih logo Gear pada pojok kiri bawah, dan pilih import. Pilih file VCard.vsf tadi dan OK. Otomatis semua kontak akan masuk di Contacts iCloud. Tunggu dan pastikan koneksi Internet stabil dan aman.





5. Kembali ke iDevice dan cek Akun iCloud

- Cek kembali ke iDevice anda dan login di iCloud pada SETTING dengan akun yang dipakai sinkronisasi sebelumnya. Pastikan untuk Contacts sudah pada posisi ON. Pada menu Contacts sendiri, pilihlah Groups dan pastikan tanda "thick" atau "Contreng" sudah ada di All iCloud.


6. SELESAI

- Semua kontak akan muncul dengan otomatis di cotacts sesuai update dari kontak Google anda di Android Device.

7. ALTERNATIF

- Ada cara alternatif jika anda masih menggunakan kedua device (Android dan iDevice) bersamaan. Cukup tambahkan akun Gmail pada Accounts di iDevice dan pastikan posisi Sync Contacts juga ON, maka otomatis semua kontak di Android Device akan masuk otomatis di iDevice.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 comments

Unknown mengatakan...

Terimakasih informasi dan pencerahannya. Sangat membantu kami. Maju terus dan sukses.

Anonim mengatakan...

makasih infonya..
Sangat membantu..

Anonim mengatakan...

sangat membantu gan, semoga berkah

Unknown mengatakan...

Dear mbak Lingga,

terimakasih ya mbak.
sekalian mau sharing, ternyata pas langkah ke 3, ada cara yg lebih mudah lagi.
kita tinggal pilih di folder Other, centang mana saja yang mau di-export ke My Contact, lalu klik Add To My Contact. Maka, muncullah semua kontak di gmail pada iphone kita. jadi gak perlu export vcf dll, tanpa icloud.
Terimakasih sekali lagi ya mbak Lingga, sukses selalu.

Sharing Pengetahuan mengatakan...

Terimakasih informasinya, ini sangat membantu saya... :) Good Work

Unknown mengatakan...

Google play music untuk memasukan lagu musik dari iTunes Mac ke Android
Disini Caranya

Unknown mengatakan...

My Photo Stream download foto iPhone ke Mac atau PC Anda
Ini Caranya

Anonim mengatakan...

Videos from 'The Walking Dead: Season 4: Season 4 of 'The Walking Dead: Season 4'
Watch episodes of 'The Walking mp3 juice Dead: Season 4: Season 4, including a full schedule of the Season 4 premiere, including a full