Mencegah Memory cepat jadi 0 (NOL)

No Comments
Hampir satu setengah tahun ini banyak pengguna BlackBerry mengeluhkan sering munculnya jam pasir / jam pada handheld dan harus melakukan hard reset atau lepas baterai. Mula nya hanya pengguna handheld 87xx, 81xx, 83xx dan 88xx karena base internal memory memang hanya 64MB, meskipun ada external memory untuk menyimpan data media. Kemudian hal ini juga menular pada pengguna seri 9000, 95xx, dan 82xx yang base memory internal nya sudah di angka 128MB. Bagi yang memakai 8900, 85xx dan seri selanjutnya hal ini kurang begitu sering karena mengingat base internal memory nya sudah 256MB.


Lalu apa yang menyebabkan sering munculnya jam pasir /jam pada handheld BlackBerry?

- Seri Operating System (OS) sering kali dituding sebagai penyebab nya. Perkembangan dari seri 4.0 menjadi 4.1 ke 4.2 memang cukup lama yaitu hampir dua tahun. Hal ini berbeda dari 4.2 ke 4.5 yang kurang dari satu tahun. Fitur baru yang lebih membuat para pengguna menjadi lebih manusia adalah BlackBerry Messenger yang bisa menampilkan foto hingga membuat group "ngobrol" kita sendiri. Dan dari seri inilah BlackBerry menjadi super booming. Akibatnya penggunaan memory di handheld menjadi bertambah banyak dan cepat menjadi nol. Bagi pengguna dengan handheld yang dahulunya ber-base system 4.2 dan memiliki internal memory hanya 64MB lebih baik mengurangi Group BBM yang tidak begitu penting. katakanlah hanya untuk internal kantor saja atau keluarga, sedangkan untuk kepentingan selainnya masih bisa menggunakan fitur conference di BBM yang lebih temporary.

- Aplikasi Tambahan. Twitter, Foursquare, Facebook dan beberpa Instant Messaging terkadang bisa menjadi penyebab cepat habisnya memory. Semakin berkembangnya web application di Internet pasti memaksa developernya membuat versi yang bisa di "jinjing" atau mobile kemanapun si pennguna aplikasi tadi semakin nyaman dan tak terbatas oleh desktop. Pengaruh kata-kata "Gaul" tidak hanya bagi anak muda atau ABG saja, namun kalangan professionals semakin menjadi narsis dan Gaul. Ya, kemampuan mereka mempunyai gadget yang lebih canggih dengan abonemen paket data terjangkau membuat semakin tangan dan mata para pengguna handheld dari kalangan ini tidak pernah rela lepas dari BlackBerry. Update status dengan berbagai alasan, mulai iseng, asyik aja bahkan hingga serius menggarap status demi menaikkan nilai rekomendasi di Internet saat ini lebih mudah dengan BlackBerry. Juga BlackBerry pun sudah mempunyai online store untuk aplikasi nya di BlackBerry App World (aplikasi juga di handheld lho).

Untuk aplikasi-aplikasi ini pengguna handheld bisa memilih aplikasi yang multi integrated, sehingga satu aplikasi dapat memberikan akses ke beberapa akun social network dan Intant Messaging nya. Katakanlah seperti Foursquare bisa dikoneksikan dengan Facebook dan Twitter. Contoh lainnya antara lain IM+ atau Fring, Nimbuzz yang bisa memberi akses ke beberapa akun. Dengan menggunakan multi aplikasi ini diharapkan pemakaian memory menjadi lebih hemat.

Langkah terakhir adalah memastikan aplikasi yang tidak terpakai sudah di CLOSE atau bahkan LOGOUT jika memang tidak diperlukan. Harapan nya adalah pengguna handheld akan menjadi lebih produktif dengan mengurangi waktu yang terbuang hanya untuk melakukan hard reset pada BlackBerry.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments