Mengapa BlackBerry harus berlangganan?

No Comments
Banyak yang mengira handheld BlackBerry adalah seperti handset atau mobile phone pada umumnya. Melihat sisi sejarah masuknya handset di Indonesia ini sangat cepat dan unik. Mulai dari Nokia sejuta umat hingga PDA smartphone, hampir semua orang Indonesia sudah pernah menggunakannya.

ada sedikit perbadaan untuk BlackBerry. Handheld ini memiliki kemampuan utama untuk PUSH MAIL (Menarik email realtime dari server email, hampir secepat sms). Selain itu, beberapa aplikasi yang sudah diintegrasikan seperti Yahoo Messenger, Google talk, Facebook dan aplikasi penunjang mobilitas sudah langsung plug and play saja. Mengapa? hal ini dikarenakan setting utama LAYANAN DATA di handheld BlackBerry cukup satu kali untuk aktifasinya. Jika anda memiliki rasa penasaran, silahkan cek Access Point Name (APN)setiap operator seluler anda. APN ini adalah kata ajaib untuk mengakses data dari operator tersayang anda. Nah, di BlackBerry, APN ini adalah blackberry.net dan tidak bisa dipakai dimana saja kecuali di handheld BlackBerry itu sendiri.

APN BlackBerry ini memang dirancang hanya bisa dipakai di handheldnya dikarenakan ada beberapa faktor keamanan dan encryption (kode pengacak dan pembacanya). Jadi jangan harap bisa membajak jaringan blackberry dengan mudah. Server utama BlackBerry selalu online dan secara berkala mengecek keamanan serta siapa saja penggunanya di seluruh DUNIA. Oleh karena itu operator seluler memberlakukan layanan paket BlackBerry, baik corporate dan retail.

Apa tandanya handheld anda sudah terkoneksi di jaringan BlackBerry? Silahkan lihat huruf sinyal. apakah GSM (hanya tlp dan sms), gprs-edge-3G (data dari APN operator namun belum terkoneksi di BlackBerry), GPRS-EDGE-3GBB (full layanan data operator dan BlackBerry). Jika sudah terkoneksi maka semua layanan BlackBerry anda sudah sepenuhnya dapat digunakan.

Bagaimana jika belum berlangganan dan ingin menggunakan handheld BlackBerry untuk layanan data standard? jawabannya adalah kecil kemungkinannya karena desain setting data BlackBerry sudah dirancang untuk auto setup dengan operator penyedia layanan tersebut. KECUALI anda menggunakannya untuk TETHERING MODEM (menggunakan handheld sebagai modem) di komputer. Nah, mahal atau tidaknya suatu layanan BlackBerry kembali ke anda sendiri sebagai pengguna. perlukah anda dengan layanan BlackBerry? se-efisien apakah anda dengan BlackBerry? Menunjang produktifitas-kah BlackBerry untuk anda? Apakah anda sering terhubung dengan masyarakat dunia? OK? silahkan hubungi operator seluler anda untuk info lebih lanjut ya...
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments