UPGRADE RAM Laptop, BERPENGARUH-kah?

No Comments

Sebagian dari kita atau bahkan hampir semua orang mempunyai laptop, notebook, komputer jinjing atau netbook dan sebagai nya, dimana sering dipakai untuk mengerjakan tugas kantor, kuliah, sekolah atau bahkan men-desain grafis. Ketika pertama kali menentukan untuk membelinya, faktor memory baik kapasitas penyimpanan, Hard-Drive dan RAM [Random Access Memory], selalu menjadi perhatian awal akan sebuah komputer jenis ini.

Link dari Wiki : http://en.wikipedia.org/wiki/Random-access_memory 

Lanjut, setelah kita membelinya, semua aplikasi yang dibutuhkan dan tidak akan langsung kita install dengan penuh semangat bukan? Yup, Microsoft Office, anti virus, beberapa browser tambahan dan aplikasi cloud paling update langsung menghabiskan hampir sebagian besar kapasitas data di laptop baru kita. Lucunya, mungkin hanya Word dan Browser yang akan kita pergunakan setiap harinya.

Tidak membutuhkan waktu lama
dari tanggal pembelian, langsung dari kita terpikir untuk menambah kapasitas RAM atau alih-alih melakukan upgrade kapatitas Memory RAM dari standard bawaan pabrikan laptop yang baru saja kita beli. Alasan paling umum adalah menambah kecepatan proses di laptop kita, seperti boot up awal, membuka aplikasi dan browsing (tergantung kecepatan internet). Kemudian kita akan berburu harga paling murah untuk mendapatkan RAM upgrade spec ini. Di ''obok-obok" lah beberapa forum komputer, forum jual-beli, dan beberapa situs penyedia spare-part komputer/laptop online.

Pertanyaan selanjutnya, seberapa pentingkah upgrade kapasitas RAM ini di laptop kita? Begini, jika laptop ini hampir 12-19 jam melakukan tugas nya tanpa henti, dan didominasi mengkonsumsi grafis, data serta koneksi internet, YA adalah jawaban nya. Sebaliknya, jika lebih sering offline, menunda melakukan upgrade RAM ini menjadi keputusan paling tepat.

Jika pilihan nya adalah melakukan upgrade, seberapa maksimal kah kapasitas yang akan kita tingkatkan?
Pertama, lihat kembali buku manual panduan penggunaan laptop yang kita miliki. Akan lebih baik juga bertanya kepada beberpa pakar komputer berpengalaman, baik offline atau online di beberapa forum. Jangan melebihi batas aman upgrade, alih-alih menjadi berperforma lebih, laptop anda bisa saja akan memenuhi lemari pakaian a.k.a mati total. 

Merek tertentu tidak lah menjamin performa RAM di laptop anda, namum usahakan mendekati spesifikasi aman pabrikan produsen laptop yang anda miliki. Pemasangan nya pun mudah dan anda hanya cukup berhati-hati ketika pada saat pemasangan atau melepas RAM lama anda.

contoh tutorial



Have Fun with RAM :D



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments