Cara Memilih Handheld blackberry bekas yg aman

No Comments
Banyak dari kita masih menganggap sebuah handheld BlackBerry adalah alat komunikasi yang mahal dan susah terjangkau. meskipun ada beberapa program operator yang menawarkan paket bundling (biasanya beserta kemudahan dalam pembayaran) tetap saja angka beli bagi kebanyakan kita masih bisa dibilang mahal.

bagi yang punya kartu kredit dengan limit besar mungkin bisa memanfaatkan fasilitas cicilan yang cukup menggiurkan, tetapi bagaimana yang hanya mempunyai cash atau hanya kartu ATM? Nah disinilah celah handheld bekas menjadi incaran yang cukup mumpuni. namun terkadang kita sebagai orang awam cukup minder dan bingung dalam memilih jenis, tempat pembelian, after sales service dan cara pembayaran.


berikut hal-hal yang bisa diperhatikan dalam pemilihan handheld:

1. cek keadaan fisik handheld, apakah hanya minor injured atau major.

2. cek semua tombol dan keypad, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

3. cek kelengkapan, beserta manual book, headset, original charger, holster, dll.

4. cek no PIN dan IMEI yang ada di status (pilih menu options-status) dengan sticker
dibelakang (didalam handheld). Jika berbeda sebaiknya jangan dipilih karena ada
kemungkinan handheld tsb mempunyai black history, PIN cloning atau refurbished
(daur ulang).

5. cek vendor ID (kode khusus operator yang diberikan oleh RIM kepada operator
partnernya). di menu utama tahan tombol alt+Caps+h (qwerty), untuk Suretype tahan
tombol alt dan ketik RACE. Vendor ID ini HARUS 3 digit. jika bertemu -1 batalkan
niat untuk meminangnya. apa arti -1? berarti handheld tsb merupakan tester atau
EU (evaluation Unit). terkadang OK tetapi lebih baik pikir dua kali bagi anda yang
masih pemula.

6. cek apakah handheld tersebut bisa digunakan oleh semua operator atau tidak.
NOTE: sebenarnya RIM BlackBerry adalah special sale unit yang hanya bisa
menggunakan hanya satu kartu operator dimana handheld tsb di terbitkan.
namun jika sudah second unit better be all operator.

7. Jika semua OK, mintalah garansi apa yang ditawarkan ke anda.

OK setelah pengecekan, saatnya transaksi. biasanya ada dua cara pembelian, melalui internet dengan perantara email, mail group dan datang langsung. jika anda berniat membeli dari internet, bertanyalah dan mintalah rekomendasi dari teman anda yang cukup paham akan seluk beluk jual beli di internet. e-bay dan forum biasanya menawarkan harga yang cukup menggiurkan dan mudah. jika datang langsung pastilah akan mudah. oleh karena itu jika anda masih ragu dari keadaan fisik handheld mintalah untuk cek di tempat. nah setelah itu lakukan pembayaran baik transfer atau cash.

sedikit ilustrasi jika anda memang ingin transfer ke si penjual. pastikan semua data penjual anda catat seperti no HP, nama lengkap, alamat jelas, tanggal pengiriman, estimasi kedatangan handheld, dan foto resi pengiriman beserta no pengirimannya.
CATAT dan simpan, jika perlu hubungilah no kontak dari perusahaan pengiriman tsb untuk memastikan handheld sudah dikirimkan. Resiko? cukup besar. jika anda ingin lebih aman, bergabunglah dahulu ke forum atau banyaklah bertanya ke teman teman, siapa tahu ada rekan anda yang ingin menjual handheld nya.

OK setelah menerima handheld, cobalah untuk membuat account blackberry anda di web client operator anda. Jika anda tidak bisa membuat account baru ada kemungkinan PIN dan IMEI handheld sb masih tersangkut di operator pengguna sebelumnya. Bagaimana me-release nya? hubungilah kembali penjual dan mintalah data pengguna sebelumnya beserta operator apa yangpernah digunakan. Hubungilah operator tsb dan mintalah untuk me-release account yg ada di handheld tsb.

Bagaimana dengan after sales nya dan sparepart nya? jangan takut, perbanyaklah info tempat perbaikan dan cara pemakaian yang wajar serta normal. Maka tingkat keausan alat dapat diminimalkan.

Happy Hunting... :)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments